$type=slider$snippet=hide$cate=0$au=0$d=0$cm=0 $show=home

Wisata Pulau Pramuka, Ibu Kota Pulau Seribu Pemilik Underwater View Yang Menawan

Wisata Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu Utara Jakarta, adalah Ibu Kota Pulau Seribu yang memiliki segudang aktivitas wisata bahari populer



Pulau Pramuka Sang Ibu Kota Pulau Seribu. Yes, Pulau Pramuka adalah Ibu Kota Dari Kabupaten Kepulauan Seribu DKI Jakarta, yang juga masuk dalam bagian Kepulauan Seribu Utara. Memiliki luas sekitar 16 hektar yang dihuni kurang lebih 2.000 jiwa.

Pulau menawan di Kepulauan Seribu ini dulunya bukanlah bernama Pulau Pramuka. Sebelumnya pulau ini diberi nama Pulau Elang, ini karena memang banyak nya burung jenis Elang Bondol yang ada di Pulau Pramuka saat itu. Elang Bondol sendiri adalah salah satu Maskot dari kota Jakarta selain Salak Condet.

Hingga saat ini Maskot Elang Bondol yang sedang bertengger diatas Salak Condet dapat kita lihat dijadikan tugu Maskot kota Jakarta di Pintu Tol Bintara, Cakung, Jakarta Timur.

Kenapa sekarang namanya menjadi Pulau Pramuka?

Sebelum dilaksanakan di Cibubur, kegiatan kepramukaan hingga berkemah diadakan di Pulau Seribu pada tahun 1950 hingga 1970-an. Karena sering nya kegiatan Pramuka diadakan di Pulau Elang ini, Pemerintah akhirnya mengganti nama Pulau Lang atau Pulau Elang yang berada di Kepulauan Seribu ini menjadi bernama Pulau Pramuka.

Transportasi Kapal Penyebrangan Tujuan Pulau Pramuka

Untuk menyebrang dari kota Jakarta menuju Pulau Pramuka ada 2 Jenis kapal yang tersedia di 2 Dermaga, yaitu :
  1. Kapal Ferry Tradisional dari Dermaga Muara Angke
  2. Kapal Cepat atau Speed Boat dari Dermaga Marina Ancol Jakarta
Lalu Berapa harga tiket kapal penyebrangan menuju Pulau Pramuka dari kedua dermaga tersebut? berikut adalah daftar harga tiket kapal tujuan Pulau Pramuka.

Daftar Harga Tiket Kapal Tujuan Pulau Pramuka

Dermaga Kapal Harga Tiket Weekday Harga Tiket Weekend
Muara Angke Ferry Tradisional 82,000 82,000
Marina Ancol Kapal Cepat/Speed Boat 215,000 215,000

Aktivitas Wisata Populer di Pulau Pramuka

Pulau Pramuka Kepulauan Seribu memiliki keindahan yang juga tak kalah menarik lho dibanding pulau lain nya yang bisa kita jumpai di Pulau Seribu. Gitu juga dengan aktivitas wisata nya, tak perlu khawatir kehabisan ide untuk aktivitas selama berada di Pulau Pramuka.

Berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa kita lakukan saat wisata di Pulau Pramuka.

1# Snorkeling di Spot Menawan Pulau Pramuka

Pulau Pramuka memiliki beberapa spot snorkeling yang cukup menarik untuk aktivitas laut ini. Spot sekitar Pulau Air, spot snorkeling Karang Sempit atau spot snorkeling Semak Daun bisa dijadikan pilihan terbaik untuk snorkeling.

Jika kamu mengidolakan keindahan terumbu karang di tanah air, maka kamu akan menemukan terumbu karang yang tak kalah indahnya di Pulau Pramuka Kepulauan Seribu ini. Pulau Pramuka adalah salah satu pulau yang sering dijadikan tujuan komunitas penyelam untuk kegiatan diving.

Arus bawah air nya yang relatif tenang, keindahan terumbu karang dan biota laut lainnya di Pulau Pramuka menjadi alasan untuk memilih pulau ini menjadi tujuan aktivitas bawah laut.

2# Island Hopping di Sekitar Pulau Pramuka

Dalam Aktivitas wisata Island Hopping kita bisa berkunjung ke beberapa pulau yang berdekatan dengan Pulau Pramuka. Untuk menyebranginya, kita cukup menggunakan perahu jelajah yang banyak tersedia di Pulau Pramuka.

Pulau Air adalah salah satu pulau yang paling populer dikunjungi dalam kegiatan wisata island hopping atau lompat pulau ini. Pulau Gosong Patrick, Pulau Semak Daun juga menjadi tujuan yang tak terlewatkan untuk dikunjungi saat kita sedang mengisi wisata di Pulau Pramuka.

Jangan lupa memasukkan pulau-pulau tersebut dalam list destinasi yang akan Anda kunjungi jika sedang berada di Pulau Pramuka.

3# Aktivitas Pantai Pulau Sekitar

Selain untuk lokasi beristirahat pulau-pulau yang kita kunjungi dalam island hopping dapat dinikmati dengan diisi beberapa aktivitas pantai seperti berenang dan main pasir disekitar pantai.

Pulau Gosong Patrick Pulau Pramuka misalnya, pulau ini adalah pulau pasir yang tidak ditumbuhi satupun tumbuhan. Pulau pasir ditengah lautan yang hanya akan terlihat ketika air laut dalam keadaan surut. Selain berfoto dan berenang, pulau ini sering juga di jadikan tempat bermain pasir oleh para wisatawan.

4# Wisata Menanti Sunset dan Sunrise Pulau Pramuka

Salah satu keindahan yang dapat kita rasakan saat berada dipantai yaitu cantiknya saat matahari menyapa dan matahari tenggelam yang membuat kita selalu ingin mengabadikan momen nya.

Setelah menghabiskan waktu untuk melakukan aktivitas seharian, kita mengakhirinya dengan melihat pemandangan sunset dari dermaga Pulau Pramuka dengan bersantai dan berbincang bersama teman seperjalanan.

Pagi hari kita mengawali aktivitas dengan melihat pemandangan sunrise masih dari pelabuhan Pulau Pramuka. Kita bisa melihat panorama sunrise sambil menikmati minuman hangat yang bisa kita dapatkan di warung-warung sekitar dermaga.

5# Watersport BAnana Boat dan Permainan Air

Selain berenang dan snorkeling, aktivitas wisata di air lainnya yaitu water sport seperti Banana Boat, Canoe ataupun Jet Ski bisa kita dapatkan di Pulau Pramuka. Permainan ini bisa kita temukan di sekitar dermaga Pulau Pramuka.

Banana Boat adalah water sport yang paling diminati wisatawan dan sangat popular di Pulau Pramuka. Perahu berbentuk pisang yang dapat dinaiki 5 orang ini akan ditarik oleh Speed Boat dengan kecepatan tinggi yang nantinya akan membuat Banana Boat melompat ketika bertemu dengan gelombang kecil, ini bisa menjadi keseruan yang akan selalu diingat saat liburan.

Untuk bisa menikmati permainan ini, kita harus mengeluarkan biaya yaitu 35 ribu per orang untuk wahana Banana Boat, 35 ribu untuk single canoe, 50 ribu untuk double canoe, dan sekitar 150 ribu untuk sewa jetski berdurasi 15 menit.

6# Hunting Foto di Taman Nasional Kepulauan Seribu

Saat ini Pulau Pramuka memiliki destinasi yang bernama Taman Nasional Kepulauan Seribu, yaitu taman terapung yang dibangun pemerintah untuk melengkapi aktivitas wisata santai para wisatawan yang berada di Pulau Pramuka.

Destinasi ini bisa dijadikan tempat untuk berfoto dan menikmati pemandangan sambil menyusuri jalan kayu yang dibuat terapung diatas laut mengelilingi hutan mangroove di sekitar Pulau Pramuka. Kita bisa masukkan Taman Nasional Kepulauan Seribu di Pulau Pramuka ini menjadi agenda kunjungan kita sebelum kembali ke kota Jakarta. ,/p>

7# Mengunjungi Konservasi Penyu Sisik dan Hiu Nusa Keramba

Untuk mengunjungi Nusa Keramba kita harus menggunakan Perahu jelajah karena memang lokasi nya berada disebuah restoran terapung bersebelahan dengan Pulau Pramuka.

Selain sebagai restoran, dilokasi ini kita bisa menemukan kolam yang di buat pengelola sebagai tempat konservasi ikan Hiu yang berada persis di depan restoran. Lokasi ini juga sering dikunjungi wisatawan untuk melihat hiu kecil secara langsung.

Pulau Pramuka juga memiliki penangkaran penyu sisik yang lokasi nya juga tidak jauh dari dermaga Pulau Pramuka. Terdapat kolam-kolam kecil yang berisi penyu kecil atau tukik hingga Penyu Sisik dewasa di penangkaran penyu Pulau Pramuka ini. Anda boleh menyentuh penyu-penyu sambil berfoto mengabadikan momen bersama penyu di lokasi ini.
Penyu Sisik bernama latin Eretmochelys imbricata, dapat tumbuh sepanjang 1 meter, dengan berat hingga 80 kilogram. Memiliki dua cakar di setiap sirip dengan bentuk kepala memanjang dan paruh yang tajam. Penyu Sisik adalah salah satu species penyu yang dilindungi karena keberadaannya sudah terancam punah

Penginapan Homestay Pulau Pramuka

Homestay Pulau Pramuka. Sama seperti Pulau Seribu berpenduduk lainnya, penginapan yang ditawarkan dalam Paket Wisata di Pulau Pramuka adalah berupa Homestay. Dulu konsep Homestay yang terdapat di Pulau Seribu adalah bangunan rumah penduduk yang di alihkan fungsinya menjadi penginapan untuk wisatawan yang berkunjung ke Pulau Seribu.

Namun saat ini sudah banyak bangunan homestay yang dibangun penduduk Pulau Seribu yang memang dikhususkan untuk urusan akomodasi dan penginapan para wisatawan yang datang. Semua homestay sudah dilengkapi AC untuk menambah kenyamanan tamu-tamu yang menginap.

Fasilitas Homestay Pulau Pramuka :
  • 1 Kamar
  • 1 ruang depan
  • 2 kamar mandi
  • 3 Bed Queen Size
  • AC, TV, Despenser air mineral

Peta Destinasi Wisata Pulau Pramuka

Wisata Pulau Pramuka, Ibu Kota Pulau Seribu Pemilik Underwater View Yang Menawan
4.9 (99.85%) 2313 votes

COMMENTS

open trip pulau harapan
paket wisata pulau harapan 2 hari 1 malam
Nama

destinasi,7,fasilitas,1,homestay,1,konservasi,1,panduan,1,pantai,1,penyu,1,pulau harapan,10,pulau kelapa,3,pulau pari,2,pulau pramuka,1,pulau seribu,12,pulau tidung,2,resort,2,tips,3,
ltr
item
Wisata Pulau Seribu: Wisata Pulau Pramuka, Ibu Kota Pulau Seribu Pemilik Underwater View Yang Menawan
Wisata Pulau Pramuka, Ibu Kota Pulau Seribu Pemilik Underwater View Yang Menawan
Wisata Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu Utara Jakarta, adalah Ibu Kota Pulau Seribu yang memiliki segudang aktivitas wisata bahari populer
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiFTkG3-28__ioAbOB4mGkQFJvqbisQ4j1iO6HmrWGelt5YjEe1JJTkOdULagEfRpu8WO4xKJAofInrS2WwRjoR5KZgvD1gCe9m-jonQeYkYPaLeHtv7tcLA0Gm7sP2cT-PAn0ZPKWqRmIr/s640/wisata-pramuka.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiFTkG3-28__ioAbOB4mGkQFJvqbisQ4j1iO6HmrWGelt5YjEe1JJTkOdULagEfRpu8WO4xKJAofInrS2WwRjoR5KZgvD1gCe9m-jonQeYkYPaLeHtv7tcLA0Gm7sP2cT-PAn0ZPKWqRmIr/s72-c/wisata-pramuka.jpg
Wisata Pulau Seribu
https://www.explorepulau.com/2016/09/blog-post.html
https://www.explorepulau.com/
https://www.explorepulau.com/
https://www.explorepulau.com/2016/09/blog-post.html
true
9095879659036102319
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy