$type=slider$snippet=hide$cate=0$au=0$d=0$cm=0 $show=home

Wisata Bahari Pulau Pari Kepulauan Seribu Selatan

Wisata Pulau Pari, merupakan salah satu pulau di Kepulauan Seribu, dengan keindahanan bawah laut serta pemandangan sunset dan sunrise yang menakjubkan

sunset pulau pari Wisata Pulau Pari, Hai sobat traveler! Bingung mau melakukan perjalanan wisata ke mana? Mau ke pantai, gunung, atau kota yaa? Nahh pas banget, kali ini aku mau membahas tentang destinasi wisata cantik yang pastinya Kamu bakal suka, mau tahu apa? Yup yupp pantai, pengalaman keren wisata Bahari di Pulau Pari Kepulauan Seribu Selatan.

Pulau Pari Kepulauan Seribu ini sangat cocok bagi kamu yang ingin refreshing dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari di akhir pekan. Pulau ini menawarkan kamu pemandangannya yang indah serta menawan.

Jika kamu membayangkan pulau ini adalah pulau yang cantik? kamu benar, Pulau Pari ini sangat asri, pasir pantainya yang putih bersih, bahkan gradasi warna yang terpancar dari pantai membuat kamu tidak ingin beranjak meninggalkan pantai.
Pulau Pari memiliki luas wilayah sebesar 41,32 hektar dengan jumlah penduduk sebanyak 930 jiwa dalam 266 kepala keluarga

Lokasi Pulau Pari

Pulau berpenduduk ini merupakan pulau milik Pemprov DKI Jakarta yang berada di kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Indonesia. Tidak membutuhkan waktu yang lama jika kamu ingin ke pulau cantik ini, hanya menempuh waktu sekitar 90-120 menit dari Ibu Kota Jakarta.

Objek Wisata Pulau Pari


Ketika kamu datang berwisata ke Pulau Pari, kamu tidak hanya mengexplore Pulau Parinya saja, karena pesona tempat-tempat di Kepulauan Seribu tidak ada yang mengecewakan.

1. Pantai Pasir Perawan

pantai pasir perawan pulau pari Kamu tahu? Pantai paling ikonik di Pulau Pari adalah Pantai Pasir Perawan. Setelah kamu sampai di Pulau Pari, kamu akan disambut dengan lembutnya pasir Pantai Pasir Perawan. Di sekeliling pantai ini ditumbuhi oleh Pohon Bakau atau Mangrove yang menjadi pelindung bagi Pantai Pasir Perawan sendiri dan dapat kamu jelajahi dengan menggunakan perahu jelajah.

Cerita dibalik Pantai Pasir Perawan Pulau Pari

Nama pantai ini sendiri diambil dari cerita yang terkenal dari kalangan masyarakat Pulau Pari. Jadi, saat dahulu terdapat seorang gadis yang jatuh cinta kepada seorang nelayan. Layaknya pasangan pada umumnya, mereka menjalin cinta dengan kebahagiaan cinta dengan kebahagiaan.

Namun, karena adanya tuntutan pekerjaan, nelayan tersebut harus pergi untuk melaut. Sang gadis tersebut setia menunggu pujaan hatinya, tetapi yang ditunggu-tunggu tidak kunjung datang hingga akhir hayatnya. Dan pada akhirnya pantai ini diberi nama Pantai Pasir Perawan oleh warga sekitar.

Jangan hanya bermain air saja ketika di Pantai Pasir Perawan ini, karena kamu juga bisa bermain olahraga lain seperti voli pantai.

2. Pantai Bintang

Seperti namanya, Pantai Bintang ini dipenuhi oleh Bintang Laut disekitaran pantainya. Pantai ini sangat cocok bagi pecinta senja atau sunset. Menikmati senja sambil bersantai di tempat yang sudah disediakan di pinggiran pantai, seperti bale-bale, bangku-bangku di bawah pohon, dan hammock.

Pantai Bintang yang terletak disebelah barat Pulau Pari ini ditumbuhi banyak Pohon Pinus yang memberikan kesan sejuk, asri, dan teduh. Apalagi saat kamu bersantai di hammocknya dan diberikan tiupan-tiupan angin yang menenangkan hati serta pikiran.

3. Bukit Matahari

Pesona yang diberikan Pulau Seribu memang tidak ada duanya. Tidak hanya perairan saja yang ada di pulau ini, tetapi ada juga bukit yang menakjubkan yang bernama Bukit Matahari. Selain di Pantai Bintang, di Bukit Matahari, kamu dapat menemui matahari dengan jelas yang membuat kamu terpana.

Bukit ini keberadaannya tidak jauh dari dermaga Pulau Pari, maka sangat disayangkan apabila melewatkan Bukit Matahari ini. Selain weekend, Bukit Matahari ini tetap ramai saat weekday. Para wisatawan yang tidak hanya untuk melihat pemandangannya saja, tetapi ada yang mengadakan pesta atau event.

Bukit ini keberadaannya tidak jauh dari dermaga Pulau Pari, maka sangat disayangkan apabila melewatkan Bukit Matahari ini. Selain weekend, Bukit Matahari ini tetap ramai saat weekday. Para wisatawan yang tidak hanya untuk melihat pemandangannya saja, tetapi ada yang mengadakan pesta atau event.

4. Pantai Kresek dan Penangkaran Hewan Laut

Tidak ada habisnya apabila membahasa mengenai Pantai Pulau Pari. Pantai yang satu ini tidak kalah cantik dengan pantai-pantai lainnya, yaitu Pantai Kresek. Di sekitaran pantai cantik ini banyak ditumbuhi oleh Pohon Pinus dan Pohon Kelapa.

Jika kamu hanya ingin menghindari kermaian, Pantai Kresek ini sangat cocok denganmu, karena di pantai ini sepi pengunjung. Kedalaman airnya yang terlalu dangkal bisa menjadi salah satu faktor Pantai Kresek ini sepi dan kamu tidak bisa berenang dengan puas.

Pantai Kresek Pulau Pari ini tentunya memiliki daya tarik sendiri, yaitu adanya penangkaran hewan laut yang dielola oleh masyarakat sekitar. Tempat penangkaran hewannya hanya menggunakan keramba-keramba saja. Dan spesies hewan yang ada di penangkaran ini yaitu, Penyu, Ikan Pari, dan Bintang Laut, tapi sayangnya penangkaran Penyu sudah ditutup oleh pengelolanya.

Harga tiket masuk ke Pantai Kresek ini sebesar Rp 1.000,- , tetapi tiket masuknya ini bisa dibilang sebagai donasi bagi warga sekitar yang mengelola. Karena para masyarakat ini selalu menyapu, membersihkan area pantai dari sampah-sampah setiap paginya. Tetapi sampah yang ada di Pantai Kresek ini bukan sampah yang dibawa manusia melainkan sampah alam.

5. Pantai LIPI

Pantai LIPI merupakan pantai yang landau, sama seperti di Pantai Kresek, Pantai LIPI juga tidak bisa dipakai untuk berenang. Aktivitas yang dilakukan di pantai ini yaitu bermain air, bermain pasir, bersantai di ayunan, menikmati pemandangan, dan melakukan olahraga pantai seperti futsal.

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi area konservasi laut milik Pantai LIPI. Di sana, kamu akan mempelajari dan menambah wawasan ilmu pengetahuan tentang biota laut.

Untuk menuju pantai LIPI kamu harus menggunakan kendaraan seperti sepeda atau motor tiga roda yang disediakan, karena jarak Pantai LIPI dari dermaga itu lumayan jauh. Fasilitas penginapan di pantai ini pun cukup lengkap dan tidak berdekatan dengan pemukiman warga.

Aktivitas Yang Dapat Dilakukan Saat Berwisata ke Pulau Pari

1. Snorkeling dan Menikmati Indahnya Underwater Pulau Pari

Aktivitas yang paling diminati saat berwisata ke pantai pastinya Snorkeling. Dimana kamu akan merasakan keindahan yang cantik di bawah laut. Jangan salah sobat traveler, spot-spot snorkeling yang ditawarkan Pulau Pari Kepulauan Seribu ini tidak kalah dari spot snorkeling di pulau lain dan tidak perlu diragukan lagi pemandangannya.

underwater pulau pari Terumbu katang di spot snorkeling Pulau Pari sangatlah indah dan istimewa, karena terumbu karangnya dirawat dengan baik oleh pemerintah. Karena hal itu, Pulau Pari ini sangat cocok bagi para snorkeler bahkan traveler biasa.

Spot yang terkenal di kawasan Pulau Pari yaitu spot Bintang Rama dan spot APL. Selain terumbung karang, kamu juga akan menjumpai biota laut dan ikan-ikan cantik yang berenang bebas. Jangan lupa menyiapkan kamera tahan air untuk mengabadikan moment yang langka ini.

2. Berenang di Pantai Bersama Ikan-Ikan Kecil

berenang di pantai pulau pari Saat melihat air , yang ada dipikiran kita pastinya “berenang”. Selain bersantai, berenang juga bisa menenangkan pikiran, mengapung di atas air dengan ombak-ombak kecil. Apa lagi berenang di Pulau Pari, tepatnya di Pantai Pasir Perawan.

Airnya yang jernih membuat kita ingin berlama-lama berenang dan enggan untuk beranjak membersihkan diri. Berenang bersama ikan-ikan kecil dan cantik. Terlebih lagi, berenang memberikan banyak manfaat pada fisik maupun mental.

3. Water Sport Pulau Pari

water sport pulau pari Tidak cukup dengan snorkeling dan berenang, wisata air yang satu ini tidak boleh terlewat. Terutama jika kamu menyukai tantangan, kamu wajib mencoba wahana water sport yang tersedia di Pulau Pari.

Untuk harga Banana Boat sendiri dibandrol sebesar 30-35k/orang. Nantinya, wahana yang hanya dapat ditumpangi oleh 5 orang penumpang ini akan ditarik oleh speedboat dengan kecepatan tinggi, sehingga kamu harus berpegangan erat pada pegangannya, jika tidak kamu akan terpental dan jatuh ke dalam air.

Kamu tidak perlu merasa khawatir jika terjatuh, karena kamu akan diberi pelampung oleh petugas. Juga, kamu akan dijemput oleh petugas menggunakan Speedboat dan dibantu naik kembali ke Banana Boat.

4. Bersampan di Hutan Mangrove Pulau Pari

bersampan di hutan mangrove pulau pari Seperti yang kita ketahui Pantai Pasir Perawan dikelilingi Pohon Mangrove, yang saking banyaknya menjadi hutan. Hutan Mangrove ini luasnya sekitar 10 hektar lebih dan dikelola oleh warga setempat. Dari luasnya hutan ini, memilki tiga terowongan dengan bentuk yang berbeda-beda.

Nah, setelah kamu lelah bermain dengan air, kamu dapat mengitari terowongan Hutan Mangrove menggunakan sampan yang selalu disediakan untuk wisatawan. Hanya dengan harga sebesar Rp 10.000 kamu dapat mengitari hutan selama 30 menit.

Jangan khawatir terjatuh, karena kedalaman air di Hutan Mangrove ini hanya 50-100 cm saja. Setelah bersampan, jangan lupa untuk bermain sebentar di Pohon Cinta Perawan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar.

5. Menikmati Sorot Cantik Sunset dan Sunrise Pulau Pari

Melihat keindahan sunset dan sunrise di daerah pantai perpantaian memang belum ada yang mengalahkan. Terlebih lagi kamu sudah lelah seharian berkegiatan. Kamu hanya duduk-duduk santai sambil melihat indahnya fenomena yang selalu terjadi setiap hari

sunset di pulau pari Pulau Pari ini memberikan banyak pilihan tempat untuk melihat sunset ataupun sunrise. Kamu dapat melihatnya di pantai manapun atau kamu juga dapat melihatnya dari Bukit Matahari sambil berpesta dengan teman-teman.

Seperti hari-hari biasanya, pagi hari ketika bangun , kita disambut oleh hangatnya matahari. Pemandangan sunrise tidak kalah cantiknya dengan sunset. Bersantai di pinggir dermaga Bukit Matahari sambil berbincang mengenai kegiatan yang akan dilakukan.

Bagaimana Cara Menuju Pulau Pari?


Karena sobat traveler sudah tahu akan berlibur ke mana, kamu juga harus tahu bagaimana cara menuju pulau cantik ini. Jika kamu ingin berwisata ke Pulau Pari dengan backpackeran, kamu dapat mengakses kendaraanya menggunakan Kapal Ferry dari dermaga Muara Angke dan Speedboat dari dermaga Marina Ancol.

Sebelumnya, kamu harus mengetahui jadwal dari masing-masing kendaraannya agar kamu tidak ketinggalan. Namun, alangkah baiknya kamu menggunakan jasa agen wisata agar lebih mudah.

Jika kamu ingin lebih cepat sampai ke Pulau Pari dan merasa lebih nyaman, kamu dapat menggunakan Speed Boat yang harus mengeluarkan uang lebih banyak. Jika tidak ingin mengeluarkan uang banyak, kamu dapat menggunakan Kapal Ferry. Sesuaikan penggunaan kapal dengan keinginan dan budget yang kamu miliki.

Dermaga Muara Angke --> Kapal Ferry

kapal ferry tujuan pulau pari Kapal Ferry berangkat setiap pagi hari dari dermaga Muara Angke pada pukul 08:00 WIB, dengan perkiraan waktu perjalanan sekitar 2,5 hingga 3 jam. Kapal Ferry memiliki beberapa operator yang berbeda dengan kapasitas, body, dan bobot yang berbeda-beda. Kapal Ferry ini dapat menampung dari 70 hingga 150 penumpang.

Dermaga Marina Ancol --> Speedboat

speedboat tujuan pulau pari Speed Boat berangkat setiap pagi hari dari dermaga Marina Ancol Jakarta dengan durasi perjalanan sekitar 1,5 jam. Maka, wisatawan harus sudah ada di tempat pada pukul 07:00 WIB untuk menunggu keberangkatan. Speed Boat regular yang tersedia di dermaga dapat menampung sekitar 50-70 penumpang. Di dermaga Marina Ancol hanya ada satu operator yang beroperasi yaitu Sea Marine.

Harga Tiket Kapal Tujuan Pulau Pari Kepulauan Seribu

  • Dermaga Muara Angke | Weekday Rp 92.000 | Weekend Rp 92.000 | Kapal Ferry
  • Dermaga Marina Ancol | Weekday Rp 295.000 | Weekend Rp 295.000 | Speedboat

Berbagai Macam Fasilitas di Pulau Pari

Sebagai tempat wisata Pulau Pari Kepulauan Seribu tidak hanya menyajikan pemandangan indahnya saja, tentunya memiliki fasilitas yang cukup lengkap, terutama Pulau Pari ini merupakan pulau berpenghuni. Fasilita tersebut diantaranya :
  • Dermaga Muara Angke dan Marina Ancol
  • Sejumlah transportasi berupa Kapal Fery, Speedboat, Perahu Jelajah, Sepeda, dan Motor roda 3
  • Penginapan Homestay dengan fasilitas seperti kamar tidur dengan kasur yang empuk, kamar mandi, TV, AC, air mineral, dapur, dan sebagainya.
  • Warung makan.
  • ATM
  • Masjid/Mushola
  • Area parkir
  • Jasa penyewaan alat water sport
Tetapi di masing-masing destinasi memiliki fasilitasnya sendiri seperti di Pantai Pasir Perawan mempunyai toilet umum, rumah makan, tempat bersantai, lapangan volley, hingga tempat bercamping. Maka, saat kamu ingin memulai berwisata, kamu haru tahu fasilitas apa saja yang ada di sana, agar kamu bisa lebih memikirkan keuntungannya. Kamu tidak akan merasa menyesal pergi berwisata ke Pulau cantik Pari ini, karena kamu akan dimanjakan dengan fasilitas dan juga destinasi yang ditawarkan pulau ini.

Jangan lupa untuk mengajak teman dekat ataupun keluarga mu agar lebih seru dalam menjalani setiap momentnya, ataupun mengikuti paket open trip yang dijual oleh agent-agent wisata.

Peta Lokasi Pulau Pari


Wisata Bahari Pulau Pari Kepulauan Seribu Selatan
4.9 (99.85%) 2313 votes

COMMENTS

open trip pulau harapan
paket wisata pulau harapan 2 hari 1 malam
Nama

destinasi,7,fasilitas,1,homestay,1,konservasi,1,panduan,1,pantai,1,penyu,1,pulau harapan,10,pulau kelapa,3,pulau pari,2,pulau pramuka,1,pulau seribu,12,pulau tidung,2,resort,2,tips,3,
ltr
item
Wisata Pulau Seribu: Wisata Bahari Pulau Pari Kepulauan Seribu Selatan
Wisata Bahari Pulau Pari Kepulauan Seribu Selatan
Wisata Pulau Pari, merupakan salah satu pulau di Kepulauan Seribu, dengan keindahanan bawah laut serta pemandangan sunset dan sunrise yang menakjubkan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjEcRKfh1H8-fpS0BwLQXiStUwJA7Fmwx5K_lTLOwYjKCf5oKieGunUkLTMZQXZ3Rm5a3uVaBdgqm18bLjjkQ-OkqN3JpvhGBEwyMXhZzu0GnMNw_uYSxQ2Hsyuiby_QeHbl6gnVytDcAJJ1813u4KF1zHBmmkzzU2lCq8ANxB1ZKh-i3r0Z6DS5rYiDQ/s1200/sunset-pulau-pari.JPG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjEcRKfh1H8-fpS0BwLQXiStUwJA7Fmwx5K_lTLOwYjKCf5oKieGunUkLTMZQXZ3Rm5a3uVaBdgqm18bLjjkQ-OkqN3JpvhGBEwyMXhZzu0GnMNw_uYSxQ2Hsyuiby_QeHbl6gnVytDcAJJ1813u4KF1zHBmmkzzU2lCq8ANxB1ZKh-i3r0Z6DS5rYiDQ/s72-c/sunset-pulau-pari.JPG
Wisata Pulau Seribu
https://www.explorepulau.com/2022/10/wisata-pulau-pari.html
https://www.explorepulau.com/
https://www.explorepulau.com/
https://www.explorepulau.com/2022/10/wisata-pulau-pari.html
true
9095879659036102319
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy