$type=slider$snippet=hide$cate=0$au=0$d=0$cm=0 $show=home

Pulau Harapan, Pulau Wisata di Bagian Utara Kepulauan Seribu

Wisata Pulau Harapan, salah satu destinasi wisata bahari dan wisata pulau yang cukup dikenal di jajaran pulau-pulau di Kepulauan Seribu Jakarta

wisata pulau harapan kepulauan seribu utara

Pulau Harapan, salah satu pulau di bagian utara Kepulauan Seribu ini mencakup sebanyak 23 pulau-pulau kecil lainnya dengan peruntukannya sebagai Pulau Resort atau pulau yang dikelola oleh swasta, Pulau Wisata dan rekreasi serta Pulau Konservasi. Pulau Harapan adalah salah satu dari dua pulau yang berpenduduk. Lokasinya sangat strategis berada diantara pulau-pulau kecil dan pulau resort, sebagai pilihan alternatif untuk tempat singgah dan bermalam dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan fasilitas di pulau resort.
Gelora Pariwisata Pulau Harapan mulai menggeliat sejak awal tahun 2012, menyusul popularitas dua pulau yang sudah banyak dikenal sebelumnya, pulau Tidung dan pulau Pari di bagian selatan. Sering disebutkan oleh para pelancong yang menjelajahi pulau-pulau di Kepulauan Seribu, "jika sudah menjajaki Pulau Harapan, anda akan merasakan sensasi petualangan alami dibandingkan pulau lainnya".
Saat ini pulau Harapan sudah cukup dikenal sebagai destinasi wisata pulau di area Kepulauan Seribu bagian utara, masyarakat setempat mendapatkan alternatif usaha selain dari hasil sebagai nelayan, bahkan sebagian beralih sepenuhnya ke dunia wisata. Pada tahun 2011 hanya terdapat 16 penginapan (home stay) dan hingga tahun 2015 berkembang menjadi 119 penginapan.

Sekilas Sejarah Tentang Pulau Harapan

Pulau Harapan secara administrasi bagian dari wilayah Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta dan secara geografis terletak pada koordinat 05º 39' 10" LS dan 106º 34' 41" BT. Berdiri di atas daratan dengan luasan kurang lebih 6.7 hektar dan berada di Kawasan Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu, dulunya dikenal dengan nama "Pulau Pelemparan", karena pada awalnya ditujukan sebagai pulau tujuan transmigrasi dan relokasi. Dengan jumlah penduduk berjumlah 2.205 jiwa, sebagaian besar adalah muslim dan pendatang dari berbagai macam suku, Bugis, Mandar dan Jawa yang datang dari pulau Kelapa dan pulau-pulau kecil lainnya.

24 Pulau di Wilayah Pulau Harapan

wilayah administrasi pulau harapan Kelurahan Pulau Harapan, secara administratif mengelola sebanyak 24 pulau-pulau kecil yang tersebar di bagian utara Kepulauan Seribu, salah satu pulau berpenduduk adalah Pulau Sebira, sisanya sebagai pulau Resort, pulau untuk wisata dan rekreasi serta pulau Konservasi. [post_ads][next]

Pulau-pulau Kecil di Wilayah Pulau Harapan:

  • [col]
    • ● Pulau Opak
      ● Pulau Magaran
      ● Pulau Bulat
      ● Pulau Bira Kecil
      ● Pulau Belanda
      ● Pulau Bira Besar
      ● Pulau Tondan Barat
      ● Pulau Tondan Timur
      ● Pulau Putri Timur
      ● Pulau Sepa Barat
    • ● Pulau Renggit
      ● Pulau Kayu Angin
      ● Pulau Hantu
      ● Pulau Sebaru Besar
      ● Pulau Penjaliran Barat
      ● Pulau Penjaliran Timur
      ● Pulau Jagung Peteloran
      ● Pulau Sebira
      ● Pulau Dua Timur
      ● Pulau Sepa Timur

dermaga kapal pulau harapan
Dermaga Pulau Harapan, menuju pulau Harapan anda dapat menggunakan dua jenis tranportasi laut angkutan publik, kapal kayu atau kapal cepat, harga dan kecepatan membedakan keduanya.

Menuju Pulau Harapan

Satu-satunya cara menuju pulau Harapan dari Jakarta adalah menggunakan transportasi laut, dengan jarak tempuh sejauh 60 km bisa diakses dungan dua cara menggunakan jenis perahu dan dermaga yang berbeda.

Kapal Ferry, kapal kayu atau kapal "ojeg" sebutan bagi masyarakat setempat. Setiap hari, pukul 07.30 WIB kapal ini bertolak dari Dermaga Kali Adem, Muara Angke menuju Pulau Harapan dengan waktu tempuh sekitar 3 (tiga) jam perjalanan. Tarif Kapal Kayu: Rp. 50.000,-/orang

Kapal Cepat, atau speed boat dengan kecepatan tinggi berangkat dari Marina Ancol dermaga 12 setiap hari dan berangkat mulai pukul 08.00 WIB akan menempuh waktu perjalanan kurang lebih 1,5 jam Tarif Kapal Cepat: Rp. 200.000.-/orang (weekday) dan Rp. 250.000,-/orang (weekend)

Alasan Kenapa Harus ke Pulau Harapan?

underwater pulau harapan kepulauan seribu
Terumbu Karang dan Biota Laut, banyak temui di dalam permukaan laut Pulau Harapan, layaknya anda berganti nama sebagai Nemo atau Ndori yang menjelajah kedalaman dan keindahan laut Nusantara.
Ada banyak pulau destinasi wisata di Kepulauan Seribu berikut dengan jajaran pulau-pulau kecilnya, tapi kenapa harus memilih Pulau Harapan untuk mewakili agenda wisata anda ke Pulau Seribu?, kami akan bantu beberapa alasannya..[next]
  1. Alami dan Terjaga, yang paling utama adalah Pulau Harapan memiliki kawasan laut dan pulau yang masih terjaga. Bisa jadi karena berada di lokasi yang paling jauh dari destinasi pulau lainnya seperti Pulau Tidung dan Pulau Pari.
  2. Beragam Pilihan Fasilitas Penginapan, menyesuaikan dengan budget wisata anda, di sekitar pulau Harapan banyak tersedia resort yang dikelola oleh swasta yang menawarkan berbagai macam fasilitas layanan dan kemewahan, Pulau Macan, Pulau Putri dan Pulau Genteng adalah beberapa contoh yang sudah dikenal. Tapi jika penginapan hanya untuk sekedar istirahat, di pulau Harapan menyediakan layanan penginapan dalam bentuk Home Stay dengan harga sewa yang lebih terjangkau.
  3. Banyak Pilihan Spot Snorkeling, Spot Snorkeling pulau Macan Gundul, pulau Putri, pulau Bira Besar, pulau Kayu Angin Genteng adalah beberapa spot untuk snorkeling yang paling populer di kalangan wisatawan, tapi tidak hanya itu..
  4. Beragam Obyek Wisata yang bisa dikunjungi. Anda bisa memilih jenis wisata modern seperti Aquarium bawah Laut dan Waterboom yang dimiliki Pulau Putri, menikmati sunset di Pulau Bulat, memilih camping di Pulau Perak atau sekedar seru-seruan di Pulau Gosong dengan foto selfie atau groupie. Tinggal merencanakan waktu dan budget yang cukup untuk menikmati segala kemewahan alam yang dimiliki oleh Pulau Harapan.

Aktivitas Wisata di Pulau Harapan

Menjadikan Pulau Harapan sebagai tujuan wisata, anda akan bersentuhan dengan aktivitas wisata dengan tema Wisata Pantai, Wisata Bahari dan Wisata Pulau, perlu anda catat beragam aktivitas yang sering dilakukan di Pulau Harapan sebagai berikut:

bersandar di pulau perak
Jelajah Pantai dan Pulau-Pulau, asiknya berada di kawasan kepulauan - Pulau Harapan, diantara asiknya menikmati bawah permukaan laut, anda juga bisa memilih pulau-pulau yang dapat disinggahi untuk istirahat dan bermain pasir pantai.
Island Hopping atau Jelajah Pulau, dengan banyaknya jumlah pulau-pulau di wilayah Pulau Harapan anda bisa memilih salah satu atau beberapa pulau sekaligus untuk dikunjungi. Yang jelas jika semua pulau harus dikunjungi, waktu 3 (tiga) hari tidak akan cukup. Rata-rata pelancong bisa melakukan penjelajahan pulau sebanyak 4-6 pulau dalam satu kunjungan wisata berdurasi dua hari satu malam. Pulau Bulat dan Pulau Gosong untuk aktivitas berfoto dan melepaskan senja saat sore hari, Pulau Perak untuk bersantai setelah setengah hari menyelam dan Pulau Bira Besar untuk aktivitas susur pantainya.
Island Hopping, atau melompat pulau awalnya sebagai istilah yang dikenal dalam dunia militer atau perang. Sebagai salah satu strategi militer dalam penguasaan sebuah wilayah mereka melakukan serangkaian perjalanan pendek antar pulau dan sebagai metode dalam penaklukan wilayah
Snorkeling,atau Selam Permukaan tidak kalah serunya dengan jelajah pulau, kurang lengkap rasanya jika wisata di pantai tapi tidak basah karena air laut, apalagi dengan suguhan pesona alami bawah laut di beberapa spot snorkeling di sekitar Pulau Harapan. Karena jauh dari Jakarta berikut dengan banyaknya permasalahan limbahnya, perairan di pulau Harapan tidak terkena imbasnya.

Lautnya bening dan bersih, terumbu karangnya masih aktif berkembang, bukannya coral mati atau fosil. Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh Pulau Harapan adalah banyaknya pilihan spot untuk menikmati panorama underwater nya. Sebut saja yang umumnya dikunjungi adalah di Spot pulau Macan Gundul, Spot pulau Putri dan Spot Kayu Angin Genteng.

sunset di pulau harapan
Pesona Senja Pulau Harapan, atraksi alam yang fenomenal di selama anda berwisata di Pulau Harapan adalah mengantar senja dan menunggu terbitnya matahari pagi

Sunset dan Sunrise, bagi yang hobby fotografi tidak akan pernah melewatkan waktu-waktu penting saat pagi dan senja di pantai. Spot Sunset yang sering dikunjungi adalah di pulau Bulat, sedangkan Sunrise anda tidak perlu jauh-jauh dari pulau Harapan. Berada dipinggir pantai atau dermaga adalah lokasi yang paling pas menjemput matahari pagi.

tukik atau anak penyu di pulau harapan
Pelestarian Penyu, sebagai kawasan konservasi laut, Pulau Harapan memiliki kawasan perlindungan khusus untuk satwa yang dilindungi.

Kunjungan Konservasi, untuk melengkapi agenda wisata anda tidak ada salahnya melengkapi dan menyempurnakannya dengan edukasi tentang upaya penyelamatan satwa liar oleh Balai Konservasi Taman Laut Kepulauan Seribu. Di Taman Biota Laut Pulau Harapan anda dapat menemui penyu-penyu dewasa dan tukik yang akan dilepaskan kembali di alam. Pada bagian pulau lainnya, pulau Kotok anda juga bisa melakukan kunjungan ke pusat Konservasi Penyelamatan Elang Bondol, logo dan maskot DKI Jakarta.

wahana permainan air atau water sport
Watersport, berbagai permainan dan wahana air juga banyak tersedia di Pulau Harapan. Salah satu permainan yang paling populer adalah Banana Boat
Permainan dan Wahana Air, tidak kalah serunya, salah satu sarana permainan air atau watersport, juga bisa anda coba. Banana Boat dengan 5-8 orang ditarik dengan speed boat yang berkecepatan tinggi, sungguh menantang adrenalin anda.  Umumnya akan tersedia khusus weekend atau saat pengunjung ramai di pulau Perak atau pulau-pulau lainnya.

Tarif sekali naik Banana Boat cukup murah, perorang dikenakan harga sekitar IDR 25.000,- hingga IDR 35.000,- saja dengan durasi permainan 10-15 menit.[next]

Spot Wisata Populer di Pulau Harapan

Program wisata bahari di Pulau Harapan umumnya untuk durasi wisata 2 hari 1 malam, menginap dengan fasilitas homestay di Pulau Harapan. Setelah anda sudah sepakat telah menentukan waktu dan tujuan wisata, berikut spot-spot populer yang jangan pernah anda lewatkan selama berada di Pulau Harapan.

pulau perak di wisata pulau harapan

Pulau Perak, dari pinggir pantainya anda bisa menyaksikan dasar laut dengan pasir putih dan beberapa terumbu karang yang berserak disepanjang jalur pantai, air permukaannya sangat bening dan indah. Di dekat dermaga ada warung kecil yang menyajikan makanan dan minuman ringan untuk menemani anda saat bersantai.

pulau gosong di wisata pulau harapan

Pulau Gosong, banyak juga yang menyebutnya dengan nama Pulau Gosong Perak, tidak salah juga karena lokasi pulau Gosong masih bisa terlihat jelas dari pulau Perak, dari pulau Perak, pulau Gosong nampak seperti pantulan cahaya warna putih, diantara birunya laut yang ada disekitarnya.

Meski sekedar gundukan pasir kecil bukan berarti tidak ada artinya, lebih-lebih untuk "itinerary" perjalanan wisata ke Pulau Harapan. Kepentingan utamanya adalah untuk berfoto-foto, rata-rata tidak akan lebih dari satu jam berada di pulau ini saat terik, jika dilanggar... nama anda dan nama pulau ini akan sama... gosong!

sunrise di pulau bulat wisata pulau harapan

Senja di Pulau Bulat, sesuai dengan namanya, pulau ini berbentuk bulat dan tidak terlalu luas. Hanya 1,28 ha di Kecamatan Pulau Harapan. Jangan buru-buru pulang ketika sudah menginjakkan kaki di Pulau Bulat. Sambil menunggu datangnya senja, anda bisa membunuh waktu dengan bermain pasir, dan jika masih banyak waktu juga bisa sempatkan untuk melihat langsung keindahan alam bawah lautnya yang masih terpelihara.



Spot Snorkeling Pulau Kayu Angin Genteng, meski secara umum spot snorkeling yang berada di kawasan Pulau Harapan terkenal bagus dan alami, banyak ikan-ikan kecil dan terumbu karang yang masih hidup dan indah. Umumnya para pelancong memilih spot snorkeling di Pulau Macan atau Pulau Putri, anda cukup menyingkir dari keramaian para penyelam dan berlayar agak jauh untuk menemukan spot snorkeling yang sedikit lebih tenang, di perairan Pulau Kayu Angin Genteng.[next]

Tips Penting sebelum Wisata di Pulau Harapan

Tidak ada alasan satupun untuk tidak berkunjung ke Pulau Harapan di Kepulauan Seribu Utara. Disamping jaraknya cukup dekat dengan Jakarta dan bisa ditempuh sekitar satu jam perjalanan dengan menggunakan speed boat atau kapal cepat dari dermaga Marina Ancol, juga wisata mewah dan alami dengan jangkauan harga cukup memadai untuk siapapun tanpa terkecuali. Sebelum berangkat, perlu anda perhatikan hal-hal penting sebagai berikut:

team explore pulau harapan
My Trip My Adventure. Saat Team Explore Pulau Harapan berpose bersama artis Indonesia saat pengambilan gambar di Pulau Perak - Pulau Harapan di Kepulauan Seribu Utara
  • Pilihlah Operator Wisata Pulau Harapan Yang Terpercaya, disamping lebih memudahkan semua agenda wisata anda bersama rombongan. Dengan menggunakan jasa operator wisata dapat menekan biaya dan harga lebih murah dibanding harus merinci satuan.
  • Memilih Waktu Wisata yang cukup, dengan durasi 2 hari 1 malam adalah pilihan umum para pelancong Nusantara. Satu hari penuh anda bisa memuaskan menikmati pesona wisata bahari selama di Pulau Harapan. Jika anda ingin lebih santai dan tidak terkesan buru-buru, durasi 3 hari 2 malam lebih optimal.
  • Perlengkapan Ringan untuk Wisata Pantai, sandal jepit lebih pas dari high heel, kaos oblong lebih pantas ketimbang pake batik dan ransel terasa kompak ketimbang harus nenteng koper. Jangan lupakan kaca mata hitam dan topi untuk perlindungan sekaligus gaya
  • Peralatan Mandi, menginap di Homestay atau Resort setempat masih jarang melengkapi keperluan toilet anda layaknya di hotel wisata berbintang. Anda perlu memastikan dengan menanyakan fasilitas kamar mandi seperti handuk, sabun dan shampoo, atau bawa bekal sendiri sebelum berangkat.
  • Bawa Uang Secukupnya, sediakan uang cash secukupnya untuk memenuhi semua kebutuhan anda selama wisata termasuk untuk keperluan belanja pribadi. Di Pulau Harapan belum tersedia ATM atau Minimarket untuk pengambilan uang, kartu kredit juga tidak berlaku disini.
Pulau Harapan, Pulau Wisata di Bagian Utara Kepulauan Seribu
4.9 (99.85%) 2313 votes

COMMENTS

open trip pulau harapan
paket wisata pulau harapan 2 hari 1 malam
Nama

destinasi,7,fasilitas,1,homestay,1,konservasi,1,panduan,1,pantai,1,penyu,1,pulau harapan,10,pulau kelapa,3,pulau pari,2,pulau pramuka,1,pulau seribu,12,pulau tidung,2,resort,2,tips,3,
ltr
item
Wisata Pulau Seribu: Pulau Harapan, Pulau Wisata di Bagian Utara Kepulauan Seribu
Pulau Harapan, Pulau Wisata di Bagian Utara Kepulauan Seribu
Wisata Pulau Harapan, salah satu destinasi wisata bahari dan wisata pulau yang cukup dikenal di jajaran pulau-pulau di Kepulauan Seribu Jakarta
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg8w4fZaZEqZko8qJ7RAKpLU05TJXiblJRwtkxIaIpQ6gsdwTjk24OMFr_KrXpWb_GqZvgAWKrQ5pv1w3okKVqWRuppDO1vx6DiCyPpgPcjV3md38VtQsuob3OJ0mgjt_6FmTURsNICloPz/s640/boat-harapan.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg8w4fZaZEqZko8qJ7RAKpLU05TJXiblJRwtkxIaIpQ6gsdwTjk24OMFr_KrXpWb_GqZvgAWKrQ5pv1w3okKVqWRuppDO1vx6DiCyPpgPcjV3md38VtQsuob3OJ0mgjt_6FmTURsNICloPz/s72-c/boat-harapan.jpg
Wisata Pulau Seribu
https://www.explorepulau.com/2016/05/wisata-pulau-harapan.html
https://www.explorepulau.com/
https://www.explorepulau.com/
https://www.explorepulau.com/2016/05/wisata-pulau-harapan.html
true
9095879659036102319
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy