$type=slider$snippet=hide$cate=0$au=0$d=0$cm=0 $show=home

Rayuan Pulau Kelapa Kepulauan Seribu

Wisata Pulau Kelapa di Kepulauan Seribu, berdampingan dengan Pulau Harapan, Pulau Kelapa menyediakan penginapan dengan fasilitas resort dengan harga terjangkau.

wisata pulau kelapa kepulauan seribu
Pulau Kelapa, secara geografis terletak dibagian utara Pulau Jawa dan secara administratis termasuk bagian dari wilayah Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Pulau Kelapa bersebelahan dengan Pulau Harapan, dihubungkan oleh jalan yang terbuat dari beton yang merupakan hasil reklamasi.

Pulau Kelapa berada pada posisi 05039’14” LS dan 106034’08” BT. Pulau ini secara administratif berada di wilayah Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. Pulau dengan luas 13,09 ha ini merupakan pulau berpenduduk yang dijadikan pusat pemerintahan Kelurahan Pulau Kelapa.

Pulau Kelapa menjadi kawasan dengan pemukiman padat penduduk ini terletak pada Zona Pemukiman Taman Nasional Kepulauan Seribu. Membawahi 36 pulau-pulau kecil lainya di wilayah Kecamatan Kepulauan Seribu Utara yang masing-masing peruntukannya untuk daerah pemukiman, pariwisata, zona inti perlindungan, dan cagar alam.

Transportasi Menuju Pulau Kelapa

Menuju Pulau Kelapa, Anda bisa menggunakan kapal ferry yang berangkat dari Muara Angke dengan perjalanan selama 3,5 jam. Alternatif transportasi lain yang lebih cepat adalah melalui Dermaga Marina Ancol dengan kapal cepat (speed boat) dengan jarak tempuh sekitar 1 jam.

Sarana dan Prasarana Pulau Kelapa

Sarana transportasi yang ada di Pulau Kelapa antara lain sepeda motor, becak, dan sepeda dengan didukung oleh prasarana transportasi yaitu jalan paving block dan beton serta 2 buah dermaga. Sarana penerangan berupa listrik yang dikelola oleh PLN melalui jaringan kabel listrik bawah laut sehingga listrik menyala selama 24 jam.

jembatan sunset di pulau kelapa

Sarana air bersih berasal dari air sumur yang airnya agak payau, air hujan yang ditampung dan air hasil desalinasi air laut (RO). Sedangkan untuk kegiatan mandi dan mencuci penduduk menggunakan air hujan yang sudah ditampung di bak penampungan air.

Sarana kesehatan cukup lengkap yaitu Puskesmas, Posyandu, dokter praktek, bidan, dan rumah bersalin. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) hanya terdapat di Pulau Pramuka dengan jarak tempuh ± 1 jam perjalanan laut.

Sarana Kepemerintahan terdiri dari kantor Kelurahan Pulau Kelapa, kantor Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, mess pegawai kelurahan. Letak sarana ini berada di pemukiman warga sehingga memudahkan akses warga Pulau Kelapa dan Pulau Harapan untuk melakukan urusan kependudukan.

Sarana dan prasarana sanitasi di Pulau kelapa terdiri dari MCK umum, kamar mandi yang ada di beberapa rumah, saluran air, tempat sampah, dan tempat pembuangan sampah umum yang terletak di beberapa tempat.

Sosial Budaya Masyarakat Pulau Kelapa

Pulau ini dihuni oleh 5.795 orang penduduk dengan jumlah kepala keluarga 1.543 KK. Penduduk Pulau Kelapa sebagian besar merupakan penduduk asli pulau yang terdiri dari perpaduan berbagai macam suku yakni Bugis, Mandar, Betawi dan Jawa. Masyarakat setempat menggunakan bahasa khas Kepulauan Seribu yang merupakan perpaduan bahasa dari suku-suku tersebut, selain itu masyarakat memiliki adat istiadat yang biasa dilakukan oleh masyarakat kepulauan pada umumnya yaitu “Pesta Rakyat” yang dipengaruhi kebudayaan Bugis. Masyarakat Pulau Kelapa seluruhnya memeluk agama.

Royal Island Pulau Kelapa

royal island pulau kelapa

Royal Island, mutiara terpendam di Kepulauan Seribu yang terdapat di Pulau Kelapa, tepatnya di ujung barat Pulau Kelapa. Tempat ini merupakan semi resort yang bisa menjadi salah satu tujuan wisata terbaik bagi wisatawan yang ingin berlibur ke Kepulauan Seribu khususnya Pulau Kelapa. Karena letaknya di ujung barat dengan suasana yang private sehingga memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung dan menginap, maka Royal Island dikenal juga sebagai kampung sunset dengan keindahan panoramanya yang sangat mengagumkan dengan pemandangan mangrove yang terdapat disekitar resort.

Royal Island memiliki fasilitas lengkap dan paket wisata yang menarik selain menikmati sunset dan wisata mangrove, yaitu kunjungan ke pulau-pulau wisata untuk menikmati keindahan alamnya yang berbeda beda, Spot Snorkling yang beragam, Wisata Memancing di Rumpon yang banyak ikannya, kemudian ada wisata air seperti bermain jetski, banana boat, sofa boat, kano, atau sekedar berenang bermain di tepi pantai pasir putih.

Jadi buat kamu yang ingin berlibur ke Kepulauan Seribu, Royal Island adalah pilihan terbaik untuk menemani keseruan kamu bersama temanteman dan keluarga. Paket wisatanya menarik dengan harga yang terjangkau. See you soon at Royal Island, The Sunset Hometown…
Rayuan Pulau Kelapa Kepulauan Seribu
4.9 (99.85%) 2313 votes

COMMENTS

open trip pulau harapan
paket wisata pulau harapan 2 hari 1 malam
Nama

destinasi,7,fasilitas,1,homestay,1,konservasi,1,panduan,1,pantai,1,penyu,1,pulau harapan,10,pulau kelapa,3,pulau pari,2,pulau pramuka,1,pulau seribu,12,pulau tidung,2,resort,2,tips,3,
ltr
item
Wisata Pulau Seribu: Rayuan Pulau Kelapa Kepulauan Seribu
Rayuan Pulau Kelapa Kepulauan Seribu
Wisata Pulau Kelapa di Kepulauan Seribu, berdampingan dengan Pulau Harapan, Pulau Kelapa menyediakan penginapan dengan fasilitas resort dengan harga terjangkau.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgBriwDPya3pBls0R7xu2J8sq9SeIaLN3JtLJFaZmQNRW-DqQ6qYiO1ev-uh4aKb2fsqdrE7-MItd2vNo69f1WYAcngswv-zRcsOh7IfQwtJGgehON0nNT-EBVSLDNxTA8qdjth2U0NoFqL/s640/snorkeling-kelapa.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgBriwDPya3pBls0R7xu2J8sq9SeIaLN3JtLJFaZmQNRW-DqQ6qYiO1ev-uh4aKb2fsqdrE7-MItd2vNo69f1WYAcngswv-zRcsOh7IfQwtJGgehON0nNT-EBVSLDNxTA8qdjth2U0NoFqL/s72-c/snorkeling-kelapa.jpg
Wisata Pulau Seribu
https://www.explorepulau.com/2016/09/wisata-pulau-kelapa.html
https://www.explorepulau.com/
https://www.explorepulau.com/
https://www.explorepulau.com/2016/09/wisata-pulau-kelapa.html
true
9095879659036102319
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy